sedang memuat...

Menu

10 Bahan Alami Pembasmi Lumut | AGORA DESIGN BALI

ArtikelMaintenance › 10 Bahan Alami Pembasmi Lumut | AGORA DESIGN BALI

10 Bahan Alami Pembasmi Lumut | AGORA DESIGN BALI

Lumut merupakan tanaman perintis yang mampu tumbuh di mana saja. Lumut hanya membutuhkan udara yang lembab dan lingkungan sekitar yang cukup basah. Tanpa kita sadari, tiba-tiba saja lumut sudah ada di dinding rumah, dinding pagar, lantai semen, dan membuat tampilan rumah kita buruk rupa.
Anda tentu tidak ingin lumut terus berada di sana, bukan? Untuk membersihkan dinding dan lantai dari lumut ternyata ada cara praktis yang bisa dilakukan.

 

 

Air garam

Masukkan 3 sendok makan garam dapur ke dalam 2 liter air bersih, lalu didihkan. Siramkan ke lantai atau tembok yang berlumut. Kemudian, sikat sampai bersih. Cara ini butuh waktu agak lama karena harus diulang beberapa kali agar lumut benar-benar hilang.

Kaporit

Kaporit bisa dibeli di toko-toko bahan bangunan. Untuk membersihkan lumut, tumbuk kaporit sampai halus, lalu taburkan pada permukaan yang berlumut. Diamkan sampai satu jam agar reaksi kimianya bekerja maksimal. Siram dengan air bersih, baru kemudian dicuci dengan air sabun. Bilas dengan air sampai tidak terasa licin.

Cuka putih

Cuka putih sangat berguna untuk menghilangkan lumut yang membandel atau susah dibersihkan, jadi sangat cocok untuk area lantai dan dinding luar rumah atau dinding dan lantai kamar mandi yang terkena sinar matahari. Caranya sangat mudah, cukup siramkan sedikit demi sedikit cuka putih ke bagian yang berlumut, lalu sikat dan bilas dengan air bersih. Jangan sampai cuka tertinggal di dinding, karena zat asamnya akan membuat dinding cepat rusak dan keropos.

Bata merah

Cara ini merupakan metode yang tradisional dan agak sulit dilakukan. Bila Anda memiliki sisa bata merah tak terpakai, potong sesuai ukuran genggaman tangan. Gosok-gosokkan ke lapisan dinding atau lantai yang berlumut, lalu sapu kotoran tersebut. Untuk hasil yang lebih bersih, bantu dengan sikat lantai dan bilas denga air bersih. Dengan cara ini, masih akan ada sisa-sisa lumut di dinding.

Pemutih baju

Larutkan cairan pemutih baju dengan air bersih, kemudian siramkan laurtan tersebut pada lapisan dinding atau lantai yang berlumut. Gosok dengan sikat lantai sampai semua lumut yang menempel rontok dan terlepas. Baru kemudian bilas dengan air bersih.

Air kapur

Air kapur bersifat keras, sehingga bisa membantu melepaskan lumut dari dinding rumah. Kapur bisa dibeli di toko bahan bangunan, atau gunakan kapur tulis. Cara membuat air kapur adalah dengan membuat campuran kapur dengan air. Siramkan air kapur ini pada permukaan dinding atau lantai yang ditumbuhi lumut. Setelah itu, diamkan dulu selama beberapa jam atau semalaman. Keesokan harinya, gosok permukaan dinding tersebut dengan sikat lantai sampai bersih, lalu bilas sampai tidak ada sisa lumut yang menempel.

Baking soda

Baking soda memiliki sifat asam yang tinggi, sehingga akan mampu menyusup ke lapisan dinding dan membersihkan lumut sampai ke akarnya. Caranya adalah campurkan air dengan baking soda, lalu gunakan untuk menggosok lantai atau dinding berlumut sampai bersih. Karena memiliki kandungan asam tinggi, sebaiknya Anda tidak menggunakan cara ini pada dinding yang tidak tahan dengan zat asam, karena bisa membuat permukaan dinding mengelupas dan keropos.Jangan pula menggunakan baking soda untuk lantai marmer, granit, keramik, dan kayu.

Sabun cuci piring

Cara ini sangat ampuh untuk membersihkan lumut, tanpa merusak permukaan dinding dan lantai. Cukup dengan gosok lantai atau dinding seperti biasanya. Tapi, pastikan Anda membilas sambil tetap digosok sampai lantai tidak licin.

 

sumber : http://media.rooang.com/2015/10/8-ramuan-alami-pembasmi-lumut/