4 Tips Desain Kamar Kos Buat Anak Zaman Now | AGORA DESIGN BALI

Bukan hanya sebagai tempat untuk beristirahat, kamar kos juga merupakan rumah kedua bagi mereka yang datang merantau dari jauh. Saat lelah bekerja maupun kuliah, rumah kos adalah tempat bagi mereka untuk pulang dan beristirahat.

Kamar kos biasanya terdiri dari satu kamar yang disewakan untuk ditinggali. Namun, tidak jarang juga ada yang menyewakan per rumah untuk ditempati beberapa orang. Kamar kos kebanyakan di sewakan dalam keadaan super polos, hanya berisi sebuah kasur dan lemari. Bahkan ada juga yang tidak menyediakan furniture apapun di dalamnya.

Sebagai perantau yang datang dari jauh, kamu pastinya akan tinggal dalam waktu yang cukup lama di sana. Nah, tentunya kamu menginginkan kamar kos yang walau kecil dan terbatas, tapi juga nyaman dan berdesain keren dong! Jadi kamu bisa betah menghabiskan waktu di kamar kos.

Ada banyak inspirasi desain kamar kos yang bisa jadi acuan kamu dalam mendesain kamar kosmu sendiri. Tentunya dengan harga yang nggak menyakiti kantongmu. Yuk kita intip!

Desain Kamar Kos yang Rapi

Desain Kamar Kos Rapipinterest.com

Walau tinggal sendiri dan tidak ada yang akan marah dengan barangmu yang berserakan di lantai, kamu pastinya tidak mau kan tidur di kamar kos yang super berantakan yang bahkan untuk berjalan pun tidak bisa?

Ya, hal pertama yang harus dan wajib kamu lakukan adalah menjaga kerapihan kamar kosmu. Desain kamar kos yang rapi tetap menjadi favorit semua orang. Desain kamar kos yang rapi bisa memberikan penampakan ruang yang lebih luas, bahkan untuk kamar kos berukuran kecil sekalipun. Selain itu, aktivitas di kamar kos pun semakin nyaman dan tidak akan terganggu.

Desain Kamar Kos Rapipinterest.com

Untuk menciptakan desain kamar kos yang rapi di kamar kos yang terbatas, kamu bisa memanfaatkan dindingmu. Dengan mengosongkan ruang di lantai, kamar kos bisa terasa lebih lega. Penggunaan rak dinding atau rak gantung bisa memberikan ruang lebih untuk tempat penyimpananmu. Kamu bisa letakkan buku, majalah, dan barang-barang koleksimu di sana. Kalau mau berhemat, kamu bisa buat rak buku dari kardus.

Ruang kosong di bawah tempat tidur di kamar kosmu, jangan dibiarkan kosong begitu saja! Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barangmu, dan agar lebih teratur dan rapi, kamu bisa menggunakan kabinet untuk menyimpan barang-barangmu di bawah tempat tidur.

https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-15/e35/p1080x1080/26155987_573210009690903_2963229951920177152_n.jpgdekoruma.com

Kamu bisa letakkan pakaian, selimut, bahkan buku-bukumu di sana. Selain rak dan kotak penyimpanan, kamu juga bisa menggunakan organizer loh. Organizer ini dimanfaatkan untuk meletakkan remote tv, kunci, atau untuk sepatu-sepatu kamu. Hati-hati kalau mau memilih rak sepatu ya, kualitas rak sepatu berbeda tergantung dari bahannya.

Tanaman Segar Buat Desain Kamar Kos Lebih Sejuk

 

Selain mendambakan desain kamar kos yang rapi, orang-orang juga menginginkan desain kamar kos yang bisa memberikan mereka kesegaran. Apalagi hidup di kota besar, ada banyak hal yang membuat pikiran kita menjadi berat. Tubuh dan pikiran kita pun secara alami menginginkan sesuatu yang dapat memberikan ketenangan dan kesegaran.

Tanaman adalah salah satu hal yang dapat memberikan kesegaran yang diidamkan banyak orang. Untuk kamu yang tinggal di kosan, tentunya terasa sulit untuk bisa memulai memelihara tanaman. Apalagi mengingat area kamar kos yang kecil dan terbatas. Tapi, tentu saja semua hal ada jalan keluarnya.

Tanaman untuk Desain Kamar Kos pinterest.com

Walau dengan kamar kos berukuran kecil pun kamu bisa membuat desain kamar kos yang segar. Kamu bisa menanam tanaman hijau kecilmu di dalam vas atau menggunakan tanaman hias. Menciptakan desain kamar kos yang segar dan penuh warna!

Untuk kamu yang merasa kesulitan dan tidak ingin merawat tanaman di kamar kosmu, kamu juga bisa membawa kesegaran di sana kok. Kamu bisa membawa segaran penghijauan ke kamar kosmu dengan menempelkan gambar-gambar tanaman di dinding kamar. Hihi, mudah sekali kan.

Hiasan Dinding Juga Penting Pada Desain Kamar Kos

Hiasan Dinding untuk Desain Kamar Kos pinterest.com

Kebanyakan kamar kos melarang penggunaan paku, dan sebagainya pada dinding. Bahkan kamu juga tidak boleh mengecat dinding kamar kosmu.

Eits, bukan berarti kamar kosmu harus jadi biasa aja karena itu. Kamu tetap bisa menciptakan desain kamar kos yang keren dengan mendekorasinya menggunakan berbagai hiasan dinding. Kamu bisa menciptakan desain kamar kos unik yang ‘kamu banget’!

Hiasan dinding yang kamu pakai pun bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Kamu bisa kok memakai hiasan dindinng buatan sendiri. Ini dia beberapa variasi hiasan dinding yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan desain kamar kos yang ‘kamu banget’ di kamar kosmu:

  • Wallpaper dinding

desain kamar kos wallpaperpinterest.com

Wallpaper dinding adalah salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk membangun desain kamar kos impianmu. Keuntungan penggunaan wallpaper adalah kamu bisa menempelnya dengan isolasi kertas. Jadi tidak perlu takut dinding kos jadi rusak dan harus dimarahi oleh pemilik kos. Sekarang ini, wallpaper dinding hadir dengan berbagai macam motif dan warna. Kamu bisa memilih wall covering yang kamu suka, bahkan bisa menggantinya nanti.

  • Washi tape

Washi Tape Desain Kamar Kos pinterest.com

Kreasi washi tape tidak terbatas untuk kreativitas di atas kertas. Kamu juga bisa mencoba berkreasi dengan washi tape di dinding kamar kosmu untuk menciptakan desain kamar kos yang wah! Bahkan kamu juga bisa menempelkan washi tape ini di pintu kamar kosmu. Orang-orang pasti akan iri dengan desain kamar kosmu deh. Hihihi.

  • Foto

Untuk kamu yang suka mencetak foto-foto dari perjalanan atau berbagai cerita spesial di hidupmu, sayang kan kalau foto itu hanya disimpan saja. Kamu bisa menggunakan foto-foto itu untuk mendesain kamar kosmu. Bingkai foto bukan satu-satunya tempat untuk memajang kenangan-kenangan berhargamu itu. Dengan bantuan seutas tali atau benang, bersama dengan jepitan atau solatip, foto-foto itu siap mengubah dinding polos kamar kosanmu menjadi penuh kenangan dan tentunya, nggak biasa.

Foto Desain Kamar Kos pinterest.com

Foto-foto ini juga bisa kamu padukan dengan washi tape loh! Dengan menggunakan washitape untuk menempelkan foto-fotomu. Tentunya tidak dengan asal tempel dong. Kamu bisa berkreasi membentuk washi tape sebagai bingkai untuk fotomu. Sebuah bingkai tanpa bingkai, untuk setiap lembaran kenanganmu.

  • Poster dan majalah

Bukan hanya foto saja, kamu juga bisa menggantung poster dari idola atau orang hebat yang menjadi inspirasi hidupmu di dinding kamar kosmu. Bahkan potongan halaman dari majalah juga bisa menyulap dinding putihmu jadi sebuah ruangan dengan daya tarik tersendiri.

Desain Kamar Kos Lebih Ceria dengan Lampu Hias

Lampu Hias Desain Kamar Kospinterest.com

Pencahayaan yang baik dibutuhkan di kamar kosmu karena kamu akan banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas di sana. Tidak mau kan kalau sampai matamu jadi rusak karena pencahayaan yang kurang baik?

Selain untuk menemani beraktivitas di siang hari, kamu juga membutuhkan sedikit lampu berkualitas untuk menemani tidurmu di malam hari. Kamu bisa menggunakan lampu tumblr hias dengan cahaya yang temaram. Selain itu, cahayanya yang remang-remang juga bisa menciptakan desain kamar kos yang cozy dan nyaman banget untuk kamu tidur dan bersantai.

sumber : https://www.dekoruma.com