sedang memuat...

Menu

8 Cara Murah Meriah Segarkan Tampilan Dapur | AGORA DESIGN BALI

ArtikelInterior › 8 Cara Murah Meriah Segarkan Tampilan Dapur | AGORA DESIGN BALI

8 Cara Murah Meriah Segarkan Tampilan Dapur | AGORA DESIGN BALI

Semua orang tentu mendambakan interior dapur yang bersih dan tertata rapi. Alasannya, tak lain adalah agar pemiliknya betah berlama-lama di dapur untuk meracik masakan yang lezat dan sehat untuk keluarga. Bahkan belakangan ini gaya shabby chic menjadi populer karena diaplikasikan untuk menghias interior dapur seperti yang sering nampak di sosial media.

Harus diakui dapur merupakan salah satu ruangan yang tricky untuk ditata rapi. Kegiatan memasak yang melibatkan banyak bahan makanan dan peralatan masak membuatnya sangat mudah kotor dan berantakan. Sementara itu, biaya renovasi dapur terbilang cukup besar. Bahkan banyak orang menetapkan anggaran renovasi dapur sekitar 5 persen dari harga jual rumahnya.

Padahal, sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat tampilan dapur agar terlihat baru dengan biaya yang murah meriah. Selain murah, Anda juga bisa melakukannya sendiri loh! Coba delapan cara renovasi ringan dapur dari Rumah.com berikut ini.

1. Menambah atau Mengganti Lampu

Jika dapur Anda terlihat agak gelap atau bosan melihat lampu yang itu-itu saja maka lakukan perubahan kecil. Cari lampu dengan banderol harga dibawah Rp200 ribu di toko furnitur terdekat. Sementara itu, ganti lampu dengan watt yang sedikit lebih besar agar dapur nampak lebih terang dari sebelumnya.

2. Mengganti Sekat dan Taplak Laci/Rak

Kapan terakhir kali Anda mengganti sekat dan taplak di dalam laci atau rak dapur? Ganti sekat lama yang kaku dengan sekat geser yang bisa mempermudah Anda mengambil dan meletakkan kembali peralatan makan ke dalam raknya. Sementara itu bersihkan bagian dalam laci atau rak agar nampak lebih segar dipandang.

3. Menambah Karpet atau Keset

Untuk dapur bersih, Anda bisa mempersegar tampilan lantainya dengan memberi karpet atau keset berukuran cukup lebar. Fungsinya tidak hanya mempercantik ruangan, namun juga membuat Anda nyaman memijak ruang dapur. Jangan lupa bersihkan karpet atau keset dengan penyedot debu setiap hari.

4. Mengganti Keran

Ini adalah cara paling mudah namun efektif untuk mengubah dapur Anda hingga tampak berbeda. Pilih keran dengan model mewah dan lapisan yang berkilau. Harga keran memang beraneka ragam, dan terbilang cukup mahal. Untuk itu lakukan riset terlebih dulu sebelum datang ke toko untuk membeli.

5. Memoles Perabot

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat furnitur di dapur agar tampak baru. Misalnya rak kitchen set yang dicat ulang atau mengganti kenop laci.

6. Membeli Rak Cuci Piring Baru

Rak cuci piring yang berguna untuk meniriskan cucian piring menjadi salah satu perabot kecil yang bisa mempermanis ruang memasak. Agar nampak lebih mencolok, pilih rak cuci piring yang kokoh dan unik agar tahan lama menghias dekorasi dapur Anda.

7. Melapisi Counter tops

Umumnya counter tops hanya terdiri dari keramik yang nampak membosankan. Sementara itu, menggantinya dengan batu marbel bisa menghabiskan biaya yang besar. Sebagai alternatif, gunakan talenan tipis berbahan silikon yang berukuran cukup lebar. Letakkan talenan ini untuk melapisi permukaan meja counter tops.

8. Melapisi Pelat Stop Kontak

Perubahan kecil terakhir yang bisa Anda coba untuk mempersegar tampilan dapur adalah dengan menempel pelat stop kontak dengan solatip dekoratif yang bisa didapatkan di toko peralatan rumah tangga terdekat. Harganya yang murah membuat Anda bisa mengganti solatip ini dengan ragam warna dan motif sesuai selera.

(Sumber: http://www.rumah.com/berita-properti/2017/5/153046/8-cara-murah-meriah-segarkan-tampilan-dapur)