sedang memuat...

Menu

Apa Itu Backsplash ? | AGORA DESIGN BALI

ArtikelArsitektur › Apa Itu Backsplash ? | AGORA DESIGN BALI

Apa Itu Backsplash ? | AGORA DESIGN BALI

Mungkin anda pernah mendengar kata backsplash , apasih sebenarnya itu back splash? 

Backsplash adalah dinding yang ditempeli dan berhadapan langsung dengan meja dapur. Backsplash harus menggunakan material yang tepat, karena dinding ini pasti akan terkena cipratan/kotoran saat Anda memasak. Entah itu minyak goreng, tepung, adonan kue, dan noda lainnya. Kenali materialnya lebih dahulu, lalu tentukan mana yang sesuai untuk dapur Anda.

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

Banyak penghuni yang kemudian merenovasi bagian ini agar dapur terlihat cantik dan tak monoton. Beragam material pelapis backsplash pun bermunculan. Mulai dari keramik, mozaik, stainless steel, kaca, dan yang terbaru ialah tegel yang ikut mewarnai dinding dapur yang dikenal juga dengan nama backwall ini.  Munculnya berbagai material membuatbacksplash tidak lagi hanya berfungsi sebagai penahan cipratan minyak dan uap air, namun juga berperan sebagai salah satu elemen penambah keindahan kitchen set dan dapur.