sedang memuat...

Menu

Bermimpi Punya Kafe Sendiri? 8 Desain Kafe 3D Ini Menjamin Tempatmu Gak Bakal Sepi | AGORA DESIGN BA

ArtikelArsitektur › Bermimpi Punya Kafe Sendiri? 8 Desain Kafe 3D Ini Menjamin Tempatmu Gak Bakal Sepi | AGORA DESIGN BA

Bermimpi Punya Kafe Sendiri? 8 Desain Kafe 3D Ini Menjamin Tempatmu Gak Bakal Sepi | AGORA DESIGN BA

Rencana berbisnis kafe sangat menarik untuk dieksekusi. Budget minim juga bisa untuk mewujudkan kafe impian. Ditambah lagi jika kamu pandai me-manage staf dan membuat konsep yang menarik pelanggan.

Nah, agar kafe impian bisa terwujud segera, kali ini kami berikan referensi desain tata ruang kafe yang bisa kamu terapkan. Simak baik-baik yaa.

 

 

 

1. Lahan kecil bukan halangan untuk membuat bisnis sendiri. Terapkan saja desain tata ruang ini

Desain ruangan buat kafe yang unik

Desain ruangan buat kafe yang unik

Minimnya modal dan terbatasnya lahan bukan alasan untuk takut membangun kafe sendiri. Di samping tema yang unik, kamu bisa menarik pelanggan dengan tata ruang seperti gambar di atas.

Letakkan tempat kasir di bagian tengah. Lalu sediakan beberapa macam pilihan tempat duduk yang berbeda. Sofa panjang untuk dia yang ingin nongkrong sembari mencari kenyamanan. Kursi bulat untuk pengunjung yang ingin santai. Meja dengan 4 kursi untuk pengunjung yang datang ramai-ramai. Selain itu, kursi tinggi yang menghadap tembok (di depan pintu masuk) teruntuk pengunjung yang datang sendiri. Lalu gunakan tembok yang terbuat dari kaca agar terlihat dari luar.

2. Memusatkan pengunjung di tengah saja pun tidak apa-apa, kamu justru lebih gampang melayani mereka

Desain 3D restoran atau cafe yang unik

Desain 3D restoran atau cafe yang unik 

Kamu ingin punya kafe yang ada tempat tidurnya? Bisa kok. Buat saja desain kafe depan-belakang. Bagi bangunan menjadi dua bagian. Bagian belakang untuk kamar tidur dan dapur, bagian depan untuk kursi pengunjung. Tata kursi secara berpasangan di bagian tengah. Lalu hiasi tepiannya dengan pagar kayu kecil. Jika kamu ingin menyediakan kursi tambahan, tata dekat jendela kaca dan halaman depan dengan tutup payung besar. Jangan lupa hiasi dengan tanaman hijau. Pasti para pelanggan tak kan segan untuk datang.

3. Buat kafe impianmu memanjang ke belakang dengan ruang tambahan di luar. Meski tak besar, kafemu bisa menampung banyak pengunjung.

Desain 3D restorant atau cafe unik

Desain 3D restorant atau cafe unik 

Siapa bilang kafe kecil tak bisa menampung banyak orang? Konsep tata ruang memanjang bisa menjadi jalan keluar. Letakkan meja dan kursi secara berdekatan secara memanjang ke belakang. Lalu buatlah ruang tambahan di luar bangunan asli. Namun, pastikan pintu utamanya hanya satu saja di bagian depan. Dengan desain seperti ini, ruangan kecil tetap bisa menampung banyak orang.

PS: jangan lupa pasang AC yaaa.

4. Kalau ingin menghemat ruang, buatlah variasi tempat duduk pada cafe impian.

Desain 3D cafe indah

Desain 3D cafe indah

Agar kafemu bisa menampung banyak orang dan pelanggan tak perlu antri panjang, siapkan tempat duduk yang cukup banyak. Namun, terkadang kamu terganjal akan minimnya space. Untuk mengatasinya, siapkan saja tempat duduk yang bervariasi.

Kamu bisa membuat meja panjang dengan kursi tinggi ala bar. Lalu tambahkan meja kecil dari kayu dan kursi kayu di bagian tengah.  Lalu biarkan pantry cafe terbuka begitu saja. Dengan cara ini, kafe kecil bisa memberikan untuk besar. Berminat menerapkannya?

5. Kantin sekolah adalah tempat paling menyenangkan bagi siapa saja yang pernah SMA. Jadi gak ada salahnya kamu mengambil desain ini untuk kafe impian nanti

Desain 3D cafe atau restoran

Desain 3D cafe atau restoran

Kantin sekolah selalu menawarkan kenangan yang indah dalam ingatan kita semua. Nah, agar kenangan ini selalu terasa, terapkan saja pada kafe yang akan kamu buat. Caranya, siapkan beberapa buah meja dan kursi senada. Lalu tata dengan posisi berjajar. Kemudian buat pantry dan dapur di sebelahnya. Gunakan hiasan bertema sekolah dan warna-warna cerah. Meski terlihat kaku, tata ruang seperti ini terasa lebih menyenangkan bagi siapa saja yang ingin merasakan kembali hangatnya kantin sekolah.

6. Para pengunjung bisa makin betah jika kamu gunakan kaca sebagai sekat antar tempat duduk. Pantry yang tertutup juga ampuh bikin kafemu lebih teduh.

Desain tata ruang 3D cafe atau restoran

Desain tata ruang 3D cafe atau restoran 

Salah satu cara agar kafemu laku adalah tempat yang nyaman. Selain memilih tempat duduk yang enak untuk duduk, kamu juga bisa memberikan sekat agar para pengunjung merasa lebih privat. Tata kursi atau sofa menempel pada dinding kafe. Lalu pasang kaca bening sebagai pembatas antar tempat duduk. Selain itu, buatlah pantri atau dapur di ruangan tertutup. Tata ruang seperti ini bisa kamu tiru jika ingin kafemu laku.   

7. Demi kenyamanan semua orang, buat saja dua ruangan yang berbeda untuk yang merokok dan tidak merokok di kubik terpisah.

Desain 3D cafe atau restoran

Desain 3D cafe atau restoran

Gak sedikit orang yang ingin merokok saat singgah di kafe atau tempat nongkrong. Namun, banyak pula orang yang tidak nyaman dengan asap rokok. Nah, untuk mengatasinya, cobalah sediakan dua ruangan yang berbeda. Buat ruangan tertutup kaca khusus untuk pengunjung yang merokokSedangkan ruang utama menjadi tempat bagi para pengunjung yang merokok. Dengan konsep tata ruang terpisah seperti ini, para pelanggan akan sama-sama nyaman. Gak heran mereka makin betah di sana.

8. Kalau kamu punya lahan kosong yang besar, saatnya manfaatkan untuk bikin kafe bundar dengan konsep beragam.

Desain 3D cafe atau restoran unik dengan lahan besar

Desain 3D cafe atau restoran unik dengan lahan besar

Kamu punya lahan yang cukup besar yang bisa dipergunakan untuk membuat kafe atau restoran? Agar lahanmu tak sia-sia, pastikan kamu tak asal membuat konsep. Agar lebih menarik, buat saja konsep cafe berbentuk bundar. Lalu sediakan beberapa jenis tempat duduk di setiap potongan. Selain itu, buatlah lantai dari rumput dan kayu. Tanpa menggunakan banyak hiasan, konsep seperti ini sudah cukup menjual.

Membuat kafe atau restoran adalah salah satu bisnis yang menawarkan keuntungan stabil. Tanpa perlu bingung menata ruang agar para pelanggan makin betah di kafe yang kamu dirikan, 8 desain ini bisa kamu terapkan.

Selamat menerapkan. Semoga bisnisnya sukses ya.

sumber : www.hipwee.com