sedang memuat...

Menu

Rumah Mungil yang Kekinian | AGORA DESIGN BALI

ArtikelMembangun & Bangunan › Rumah Mungil yang Kekinian | AGORA DESIGN BALI

Rumah Mungil yang Kekinian | AGORA DESIGN BALI

 Memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang, termasuk bagi mereka pasangan muda yang baru saja menikah. Tak heran bila rumah dengan tipe 36 menjadi kian favorit dan diidam-idamkan. Dari segi ukuran, rumah tipe 36 memiliki ukuran yang minimalis sehingga cocok untuk keluarga kecil, dan dari sisi harga pun tidak terlalu mahal.

        Namun, dibalik keunggulannya tersebut, ada saja mereka yang takut untuk membeli rumah tipe 36. Dengan alasan, tidak adanya ruang bagi mereka untuk berkreasi dan mempercantik rumahnya. Ini merupakan anggapan yang salah besar. Anda sangat bisa bila ingin memasukkan gaya desain ke rumah minimalis Anda.

        Dengan kreativitas dalam memasang elemen dekoratif dan memilih furnitur yang cocok, maka tampilan interior dan eksterior rumah tipe 36 (luas bangunan berukuran 36 m2) tidak akan kalah impresif dengan rumah-rumah yang bertipe lebih besar. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah tipe 36 tampil kece dan kekinian.

 

Mulai dari Fasad

Bila biasanya fasad atau muka rumah hanya berupa dinding bercat putih, maka untuk rumah tipe 36 Anda bisa beri tambahan batu alam sebagai elemen dekoratif. Kehadiran batu alam ini dapat menjadi pusat perhatian di tengah-tengah hunian lain yang tampil apa adanya. Selain itu, adanya batu alam juga dapat memberikan kesan sejuk. Jangan lupa, tambahkan beberapa pot tanaman hijau di sekitar teras agar tampilan muka rumah makin sejuk.

 

Masukkan Gaya Skandinavia

Foto: Gaya Skandinavia yang memiliki ciri khas tidak banyak dekorasi menjadi konsep desain yang tepat untuk rumah tipe 36

Gaya Skandinavia yang terkesan simpel dan minimalis sangat tepat untuk rumah tipe 36. Apalagi gaya Skandinavia ini menjadi gaya desain yang sedang tren sehingga Anda tidak perlu takut ketinggalan zaman jika menggusung konsep interior asal Negara Swedia ini. 

 

Penggunaan Warna Monokrom

Foto: Warna putih sangat cocok untuk rumah tipe 36. Kesan luas pun berhasil tercipta berkat penggunaan warna ini

Rumah tipe 36 merupakan rumah dengan ukuran yang kecil. Dengan segala ukuran yang ada, Anda harus pintar-pintar dalam menyiasatinya agar rumah tampak lebih besar dari ukuran asli. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah penggunaan warna monokrom. Warna putih pada dinding sangat ampuh untuk mengamuflase ukuran ruang. Kemudian, pilihlah sofa yag berwarna abu-abu atau cokelat. Untuk cushion-nya bisa gunakan warna-warna pastel di tengah warna monokrom agar tampilan rumah sedikit lebih berwarna.

 

Perhatikan dalam Hal Penataan

Foto: Setiap furnitur yang besar seperti sofa, rak dan lemari dibuat menempel ke dinding agar tidak menganggu pergerakan penghuni rumah

Layout rumah tipe 36 biasanya hanya terdrii dari dua kamar tidur, ruang tamu, satu kamar mandi dan dapur. Dan biasanya, kondisi ruang yang ada seringkali membuat penghuni rumah sedikit susah melakukan mobilisasi karena kecilnya ukuran. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menempatkan furnitur secara tepat guna. Misalnya, jangan letakkan pot besar di area yang sering dilewati karena ini dapat menganggu pergerakan penghuni rumah. 

Pilih Furnitur Berkaki Jengki

Melihat rumah tipe 36 memiliki luas yang terbatas, Anda dituntut untuk lebih cerdas dalam memilih furnitur yang digunakan. Furnitur seperti meja, kursi, dan lemari yang memiliki kaki jengki dapat menjadi solusi agar ruangan tampak lebih luas. Ini karena area lantai lebih jelas terlihat jika menggunakan furnitur yang berkaki jengki.

sumber : https://blog.bluprin.com