sedang memuat...

Menu

Tips Memilih Backsplash Dapur | AGORA DESIGN BALI

ArtikelInterior › Tips Memilih Backsplash Dapur | AGORA DESIGN BALI

Tips Memilih Backsplash Dapur | AGORA DESIGN BALI

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

Banyak penghuni yang kemudian merenovasi bagian ini agar dapur terlihat cantik dan tak monoton. Beragam material pelapis backsplash pun bermunculan. Mulai dari keramik, mozaik, stainless steel, kaca, dan yang terbaru ialah tegel yang ikut mewarnai dinding dapur yang dikenal juga dengan nama backwall ini.  Munculnya berbagai material membuatbacksplash tidak lagi hanya berfungsi sebagai penahan cipratan minyak dan uap air, namun juga berperan sebagai salah satu elemen penambah keindahan kitchen set dan dapur.

baca juga : Apa itu blackspalsh?

Namun, Anda harus cerdas dalam memilih, karena material yang digunakan haruslah yang mudah dibersihkan. Berikut beberapa backsplash terbaik untuk melapisi dinding dapur.

Material Keramik

Keramik mudah dibersihkan jika terkena noda cipratan. Cukup menggunakan lap basah, Anda dapat menghapus noda minyak di keramik. Keunggulan lainnya, keramik memiliki warna, bentuk, motif, dan ukuran yang beragam sehingga mudah bagi Anda untuk menyesuaikan dengan tema dapur.

backspalsh villa ibu tyas kerobokan by agora design bali

Material papan tulis

Material papan tulis memiliki fungsi ganda. Selain untuk melapisi dinding, juga dapat untuk menulis resep masakan atau pesan pada permukaannya. Untuk membersihkannya cukup mudah tinggal dibersihkan menggunakan lap basah.

 

Material marmer dan granit

Marmer dan granit sering digunakan sebagai pelapis dinding. Selain mudah dibersihkan material ini menciptakan kesan elegan dan mewah.

Marmer dan granit juga sangat keras dengan ketebalan 2cm sehingga awet dan tidak mudh pecah. Selain untuk dinding Anda juga dapat digunakan untuk material meja dapur.

Material kaca

Material kaca cocok digunakan untuk dapur bergaya minimalis modern. Material kaca mudah dibersihkan dan menciptakan kesan clean.

Anda dapat memilih jenis kaca cermin untuk menambah kesan luas, kaca buram (sandblast), atau kaca warna (tinted glass) untuk memberi nuansa berbeda. Penggunaan material kaca harus lebih sering dibersihkan agar kejernihan kaca tetap terjaga.

Material stainless steel

Stainless steel merupakan material antikarat. Noda akan mudah dibersihkan jika menempel di pelapis ini, cukup menggunakan lap basah.

Material stainless steel cocok digunakan untuk dapur bertema rustic atau industrial. Material stainless steel juga sering digunakan untuk dapur-dapur profesional di perhotelan atau restorasi.