Article

Artikel Bahan Bangunan tentang Beton Ringan, Bahan Alternatif yang Efektif

Bahan Bangunan » Beton Ringan, Bahan Alternatif yang Efektif

Penggunaan beton ringan sebagai material alternatif pembentuk dinding dapat memberi penghematan yang signifikan pada pembuatan dinding.

 

Bagian rumah yang dapat ditekan spek materialnya dan memberi penghematan yang signifikan adalah dinding. Kabar baiknya, saat ini ada begitu banyak pilihan bahan alternatif yang tentu saja memberi tawaran lebih dibanding pendahulunya yaitu material konvensional : batu bata dan batako.

 

Jika selama ini banyak orang terpaku dengan pilihannya menggunakan batu bata konvensional atau batako untuk dinding rumahnya, lebih pada alasan karena bahan inilah yang paling umum digunakan dan sudah mentradisi. Sedangkan alasan lain menyangkut teknis adalah kemudahannya ditemukan di pasaran.

 

Tak dipungkiri, material alternatif yang berupa beton ringan ini lebih banyak dan mudah ditemukan di kota-kota besar. Keterbatasan inilah yang menjadi salah satu penghambat penerimaan masyarakat terhadap material alternatif ini. Meski, secara varian dan jenis pilihannya sangat beragam dan jelas memiliki kelebihan dibanding batu bata konvensional atau batako.

 

Beton Ringan Aerasi

Autoclaved Aerated Concrete atau beton ringan aerasi. Selama ini beberapa orang menyebutnya "hebel", padahal ini adalah nama merk dagang yang dikeluarkan oleh PT Duta Mortar Sejati. Di pasaran ada beberapa merk lain seperti "Andatu" milik PT Sido Jaya dan "Aero Block" yang diproduksi oleh PT Pratama Konstruksindo.

 

Banyak kelebihan dimiliki oleh produk ini. Bobotnya yang ringan membuat pembebanan terhadap struktur di bawahnya juga kecil sehingga ukuran pondasi juga lebih kecil dan biaya bisa ditekan.

 

Dimensi produk ini lebih besar dari pada bata konvensional. Punya banyak ukuran, tak seperti bata yang umumnya berdimensi 20cm x 10cm x 5cm. Beton ringan yang banyak dipakai di pasaran berukuran : panjang (l) = 600 mm ; tinggi (h) = 200 mm, tebal (t) = 75 mm, 100 mm, 125 mm, 150 mm, 175 mm, atau 200 mm. Besarnya ukuran ini memberikan keuntungan pada pekerjaan dinding sehingga menjadi lebih cepat selesai. Selain itu, memberi penghematan dalam pembangunan konstruksi, baik dari bahan maupun dari tenaga kerja. Proses pemasangannya juga tidak membutuhkan adukan pasangan yang tebal tapi cukup direkatkan dengan semen instan tipis-tipis saja.

 

Super Panel Dinding

Berbahan sama dengan beton ringan aerasi namun dilengkapi dengan tulangan besi baja, membuat panel ini layak diperhitungkan sebagai material pengganti dinding. Memenuhi syarat untuk digunakan sebagai dinding internal maupun eksternal dan memberi keuntungan yang berarti dalam proses konstruksi bangunan.

 

Pemasangan cepat dan efisien, satu grup (2 pekerja) dapat memasang 35 m2 per hari. Hemat biaya karena tidak lagi memerlukan kolom praktis karena sudah diperkuat dengan tulangan besi. Memiliki bobot yang ringan sehingga mengurangi beban yang diterima oleh struktur utama dibanding jika menggunakan bata konvensional.

 

Fisiknya berupa panel dengan komponen utama adalah rangka baja yang diproteksi anti karat. Untuk sistem dinding internal ukuran dibuat setebal 7,5 cm sehingga memperbesar luas lantai efektif.

eXTReMe Tracker