sedang memuat...

Menu

5 Kelenteng di Indonesia dengan Arsitektur Unik Khas Daerahnya

ArtikelArsitektur › 5 Kelenteng di Indonesia dengan Arsitektur Unik Khas Daerahnya

5 Kelenteng di Indonesia dengan Arsitektur Unik Khas Daerahnya

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, kelenteng atau vihara semakin ‘berhias’ diri agar nampak lebih indah. Tempat peribadatan itu sengaja didekorasi dengan berbagai hiasan dengan ornamen berwarna merah atau sekedar dibersihkan serta dicat ulang.

Di Indonesia, banyak kelenteng dirancang memiliki tampilan arsitektur yang dapat memukau mata dan tak jarang menjadi destinasi wisata bagi khalayak ramai.

Hal yang paling menonjol dari bangunan kelenteng adalah ukiran berbentuk naga dan karakter khas dalam budaya China lainnya. Berikut ini 5 kelenteng dengan bentuk aristektur bangunan yang keren dan unik.

1. Kelenteng Kwan Sing Bio – Tuban

(Foto: reresepan)

Terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Tuban, Jawa Timur, Kelenteng Kwan Sing Bio dibangun di lahan seluas 4 hektar dan merupakan salah satu kelenteng terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi tempat kelenteng itu secara langsung menghadap ke lautan. Desain tersebut, kabarnya membuat Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban ini sebagai bangunan ibadah warga Tionghoa yang sangat kuat.

2. Kelenteng Tay Kak Sie – Semarang

Kelenteng dengan Arsitektur unik
(Foto: travelearn)

Dibangun pada tahun 1746, kelenteng Tay Kak Sie ini berlokasi di Purwodinatan, Semarang. Keunikan arsitektur dari kelenteng ini terletak dari banyaknya ornamen dekorasi dan simbol yang dibuat seperti pada abad ke-19.

Di kelenteng ini, Hokie People pun bisa melihat replika perahu Laksamana Cheng Ho lengkap dengan patung dirinya.

3. Kelenteng Hong Tiek Hian – Surabaya

Kelenteng dengan Arsitektur unik, Kelenteng Hong Tiek Hian Surabaya
(Foto: sintaastarina)

Kelenteng Hong Tiek Hian merupakan kelenteng tertua di Surabaya yang dibangun
oleh pasukan Tartar pada zaman Khu Bilai Khan pada awal Kerajaan Majapahit.

Berada di Pecinan, Surabaya Utara, kelenteng dengan arsitektur khas bangunan ini selalu dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Selain sebagai tempat ibadah, tempat ini juga sering diselenggarakan pertunjukan tradisional wayang Pho Tee Hi.

4. Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi – Palembang

Kelenteng dengan Arsitektur unik, Kelenteng Chandra Nadi Palembang
(Foto: hallo palembang)

Klenteng Tri Dharma Chandra Nadi dibangun pada tahun 1733. Berlokasi di 10 Ulu, Palembang, tempat ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berwisata ke daerah tersebut.

Uniknya, wisatawan yang datang ke kelenteng yang dikenal juga sebagai Klenteng Dewi Kwan Im ini bisa menikmati keindahan bangunannya dengan menggunakan perahu getek.

5. Kelenteng Caow Eng Bio – Bali

Kelenteng dengan Arsitektur unik, Kelenteng Caow Eng Bio Bali
(Foto: pegipegi)

Pulau Bali memiliki destinasi wisata alam dan kebudayaan yang eksotis. Salah satunya Kelenteng Caow Eng Bio yang bisa Hokie People kunjungi saat libur Imlek nanti.

Dibangun sejak tahun 1548, Kelenteng Caow Eng Bio memiliki bangunan yang mengkombinasikan gaya arsitektur tropis Bali dengan nilai budaya China. Paduan tersebut membuat tampilan kelenteng ini menjadi unik.

Di dalamnya terdapat pula prasasti kuno yang mengisahkan kehidupan China saat Kaisar Guangxu berkuasa. Hal itu tentunya menjadi daya tarik yang unik bagi para wisatawan.

sumber : http://www.rumahhokie.com