sedang memuat...

Menu

Desain Taman Rumah Mungil Super Cantik | AGORA DESIGN BALI

ArtikelMembangun & Bangunan › Desain Taman Rumah Mungil Super Cantik | AGORA DESIGN BALI

Desain Taman Rumah Mungil Super Cantik | AGORA DESIGN BALI
Keterbatasan lahan sering kali menjadi kendala untuk menciptakan desain rumah yang asri. Akan tetapi, desainer dari Brasil, Tres Arquitetura dengan kreatif berhasil menyiasati sempitnya lahan. Ia bersama tim menawarkan desain rumah asri dalam proyek The Grão House (Grain House). Hunian sempit yang berkonsep gudang tanpa sekat ini meggabungkan desain rumah terbuka dengan dekorasi hijau yang cantik dan asri.

Ruang Keluarga yang Terbuka dan Asri
Ruang keluarga dengan pemandangan hijau di sekelilingnya (Sumber: home-designing.com)

Ruang keluarga dengan pemandangan hijau di sekelilingnya (Sumber: home-designing.com)
 

Pada area ruang keluarga, tanaman-tanaman hijau menjadi elemen utama yang paling menonjol. Penghuni dibuat begitu dekat dengan alam melalui konsep ruang keluarga yang terbuka dan pemandangan hijau yang ditawarkan di sekeliling ruang keluarga. Pemilihan jenis tanaman pun sangat diperhatikan. Tanaman yang dipilih adalah yang berukuran besar sehingga suasana alam terasa begitu dekat dan kental. Tak hanya itu saja, tim Tres Arquitetura memilih sofa-sofa berukuran lebar sehingga penghuninya bisa bersantai dengan leluasa. Sofa diletakkan pada dudukan-dudukan kayu unik yang juga berfungsi sebagai pembatas area ruang keluarga.

Dinding dan Pintu Kaca yang Menghilangkan Batas
Penggunaan dinding kaca dan pintu kaca yang bisa digeser (Sumber: home-designing.com)

Penggunaan dinding kaca dan pintu kaca yang bisa digeser (Sumber: home-designing.com)
 

Nuansa hunian The Grão House (Grain House) yang asri tak bisa dilepaskan dari penggunaan dinding dan pintu kaca. Dua sisi dinding memakai material kaca yang menghilangkan batas antara area luar dan dalam. Untuk pintu, dipilih model pintu kaca yang bisa digeser. Pintu kaca pun sengaja dipasang cukup lebar. Sehingga ketika dibuka, taman dan ruang keluarga seakan-akan menjadi satu. Penggunaan material kaca juga membuat setiap bagian dalam ruangan mendapat pencahayaan alami yang melimpah. 

Ruang Hijau Sebagai Ruang Rekreasi
Ruang hijau yang bisa digunakan untuk bersantai (Sumber: home-designing.com)

Ruang hijau yang bisa digunakan untuk bersantai (Sumber: home-designing.com)
 

Ternyata, ruang hijau yang berada di dekat ruang keluarga tak sekadar berfungsi sebagai dekorasi semata. Penambahan kursi-kursi dan lampu taman menjadikannya tempat yang nyaman untuk bersantai. Di pagi hari para penghuni rumah bisa memanfaatkannya untuk berjemur. Sementara  di malam hari sebagai tempat untuk menikmati suasana malam di alam terbuka.

Rak Terbuka Berukuran Besar, Dekorasi Kreatif dan Unik
Dekorasi kreatif dan unik berupa rak terbuka berukuran besar (Sumber: home-designing.com)

Dekorasi kreatif dan unik berupa rak terbuka berukuran besar (Sumber: home-designing.com)
 

Untuk dekorasi, sebuah rak terbuka berukuran besar dibangun tertanam di dinding. Rak berfungsi memajang beragam pernak-pernik dekorasi. Tak ketinggalan, dekorasi tanaman-tanaman hijau berukuran besar sebagai latar belakang rak terbuka. Efeknya, nuansa yang asri dan cantik pun tercipta dengan sempurna. Sangat cerdas dan unik ‘kan?

Dapur Terbuka dan Ruang Makan Tanpa Sekat
Dapur terbuka dan area ruang makan (Sumber: home-designing.com)

Dapur terbuka dan area ruang makan (Sumber: home-designing.com)
 

Rak besar di tengah ruangan ini ternyata multifungsi. Selain memajang dekorasi, sebagian rak digunakan juga untuk meletakkan kopi dan bumbu dapur. Selain itu, rak terhubung dengan meja berwarna putih untuk meletakkan kompor dua tungku dan kitchen sink. Yap, menciptakan area dapur terbuka. Kemudian, keberadaan meja makan di sebelahnya menandakan area ruang makan. Ruang makan sengaja dibuat tanpa sekat, sehingga turut mendapat pemandangan asri dari tanaman-tanaman di latar belakang rak terbuka.

Bathtub Terbuka dengan Latar Belakang Tanaman Hijau
Bathtub terbuka di samping kamar tidur (Sumber: home-designing.com)

Bathtub terbuka di samping kamar tidur (Sumber: home-designing.com)
 

Tak hanya dapur saja yang terbuka, desain rumah asri ini juga mengusung model bathtub terbuka. Bathtub ditempatkan di samping ruang tidur, sebagai perpanjangan dari dapur terbuka. Uniknya, bathub warna putih ini terlihat sangat cantik berkat tanaman-tanaman hijau berukuran besar di bagian belakangnya. Ujung-ujung daun yang menyentuh bathtub membangun nuansa artistik yang unik.

Kamar Tidur dengan Dinding Kaca
Kamar tidur dengan dinding kaca (Sumber: home-designing.com)

Kamar tidur dengan dinding kaca (Sumber: home-designing.com)
 

Menyiasati hunian yang sempit, kamar tidur ditempatkan di samping bathtub atau di samping ruang makan. Untuk privasi, dipasang sekat berwarna hijau yang tak sampai menyentuh langit-langit. Dinding kaca yang dilengkapi tirai di samping tempat tidur menjadi akses cahaya alami yang melimpah di pagi hari, serta menawarkan pemandangan taman yang hijau.

Selain itu, tempat tidur secara khusus diberi tambahan frame di sekelilingnya. Frame ini berfungsi sebagai pemisah antara tempat tidur dan area bathtub. Bagian frame yang lebar juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk membaca atau meletakkan sarapan.

Tim Tres Arquitetura menciptakan desain rumah yang asri dengan memaksimalkan dekorasi tanaman hijau hampir di semua sudutnya. Untuk menyelaraskan dengan dekorasi tanaman hijau, warna-warna yang digunakan pada proyek The Grão House pun dibatasi pada warna-warna tertentu. Di antaranya warna hijau, hitam, keemasan, hingga warna alami dari masing-masing material. Pembatasan warna yang detail telah menciptakan keserasian yang indah antara hunian dan dekorasi tanaman hijau yang asri.