sedang memuat...

Menu

Manfaat Adanya Tanaman di Lingkungan Rumah | AGORA DESIGN BALI

ArtikelMaintenance › Manfaat Adanya Tanaman di Lingkungan Rumah | AGORA DESIGN BALI

Manfaat Adanya Tanaman di Lingkungan Rumah | AGORA DESIGN BALI

Banyak manfaat yang bisa didapat dari memiliki taman atau kebun di rumah sendiri. Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar setiap rumah memiliki taman. Walau taman yang dimiliki tak terlalu luas, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh generasi baik tua maupun muda.

Tanaman yang terdapat di taman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Beberapa manfaat adanya tanaman di lingkungan rumah Anda adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan oksigen untuk bernafas. Tanaman hijau merupakan penghasil oksigen terbesar untuk kehidupan di bumi ini. Dengan melakukan penanaman pohon maka jumlah karbondioksida di sekitar pohon itu akan berkurang yang berarti juga mengurangi polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global.
  2. Mengurangi Kebisingan. Penanaman tanaman di sekeliling pagar merupakan solusi praktis untuk rumah yang berada di pinggir jalan atau di daerah yang selalu ramai dan padat dengan aktifitas kendaraan bermotor, karena tanaman tersebut dapat meredam suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan dan mampu menyaring debu yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah Anda akan selalu bersih. Jenis tanaman yang cocok ditanam untuk kondisi ini adalah tanaman dari jenis semak.
  3. Pendingin Alami. Jenis tanaman rambat dapat digunakan sebagai penutup dinding rumah yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Sinar matahari langsung akan membuat suhu di dalam rumah meningkat, oleh karena itu menanam tanaman rambat dengan ketebalan kurang lebih lima sentimeter mampu meredam panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga kerja pendingin ruangan tidak terlalu berat dan juga menghemat penggunaan listrik.
  4. Menyimpan Air Tanah. Air hujan yang jatuh langsung ke tanah akan hilang begitu saja jika tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, Anda dapat mensiasati ketersediaan air dengan menanam tanaman di pekarangan. Lahan tersisa di rumah dapat diubah menjadipenampung air alami.

Begitu banyak manfaat adanya tanaman bagi Anda dan lingkungan sekitar rumah Anda, mungkin bisa menjadi pertimbangakan untuk menciptakan lingkungan lebih asri dan nyaman di rumah Anda. Semoga bermanfaat :)