sedang memuat...

Menu

Memanfaatkan Ruangan Kosong | AGORA DESIGN BALI

ArtikelInterior › Memanfaatkan Ruangan Kosong | AGORA DESIGN BALI

Memanfaatkan Ruangan Kosong | AGORA DESIGN BALI

Keberadaan ruangan kosong di rumah seringkali diabaikan begitu saja. Padahal ruangan kosong bisa difungsikan untuk menambah kebutuhan ruang dan tempat penyimpanan. Malah apabila ruangan kosong dibiarkan begitu saja, ruangan kosong dapat menjadi sarang debu atau bahkan terlihat mubazir sehingga meninggalkan kesan nanggung pada tatanan interior ruangan.

Tidak harus berupa ruangan tertutup, ruangan kosong di bawah tangga, di ujung lorong, dan di sudut ruang tamu pun dapat dimaksimalkan penggunaanya dengan baik. Namun, ada juga memang ruangan kosong yang sulit ditata atau diisi dengan furnitur. Bentuk eksisting bangunan yang tidak ideal biasanya meninggalkan ruangan kosong yang tidak simetris di dalam rumah.

Nah, bagaimana cara memanfaatkan ruangan kosong baik yang mudah ditata dengan furnitur maupun yang tidak? Yuk simak ulasan dari Kania di bawah ini!

1. Area bermain anak di ruangan kosong bawah tangga

Area Bermain Anak di Ruangan Kosong Bawah Tanggaapartmenttheraphy.com

Terkadang memang dibutuhkan area khusus agar si kecil bisa lebih leluasa bermain. Ruangan kosong yang terletak di bawah tangga ini dapat dialihfungsikan sebagai ruang bermain anak.

Desain ruang bermain anak di ruangan kosong ini bisa disesuakan dengan desain tangga atau tampilan interior di sekitarnya. Supaya lebih rapih, buatlah storage pada bagian bawah tangga untuk menyimpan mainan si kecil. Hias juga ruangan kosong tersebut dengan pernak-pernik yang dapat menstimulasi kreativitas dan imajinasi si kecil.

2. Ruangan kosong bawah tangga jadi ruang laundry dan gudang

Gudang dan Ruang Laundry di Ruangan Kosong Bawah Tanggahouzz.com

Tidak hanya ruang-ruang utama saja yang perlu dihadirkan di dalam rumah. Kebutuhan area servis, seperti ruang laundry dan gudang, juga perlu dipenuhi dengan menyediakan area khusus.

Ruangan kosong di bagian bawah tangga dapat dimanfaatkan dengan membuat lemari bawah tangga. Salah satu sisi lemari dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang bekas dan perkakas rumah tangga. Sisi lainya, bentuknya disesuaikan dengan dimensi mesin cuci. Bagian atas lemari bawah tangga ini juga masih menyisakan ruangan kosong untuk menyimpan buku dan memajang dekorasi.

3. Pojok nyaman di area transisi dua ruangan

Ruang Santai di Ruangan Kosong Area Depan Tanggahouzz.com

Ruangan kosong di depan jendela dapat diolah menjadi sarana rekreasi di dalam rumah. Pada ruangan kosong yang terletak pada area transisi antara dua kamar tidur ini bangku penyimpanan ditempatkan di bawah jendela. Di atasnya, ditambahkan cushion empuk, sementara rak dibagian bawahnya disisipkan buku-buku bacaan.

Seketika ruangan kosong pun bertransformasi jadi pojok baca yang nyaman. Kehadiran cahaya alami membuat aktivitas relaksasi juga bisa dilangsungkan di area ini.

4. Selipkan meja kerja di ruangan kosong bawah atap

Sulap Ruangan Kosong Jadi Ruang Kerjahouzz.com

Struktur atap yang miring sering kali menyisakan ruangan kosong di bawahnya. Ruangan kosong ini sulit dimanfaatkan karena bentuknya yang tidak simetris.

Namun ketika ada sumber pencahayaan berupa skylight, ruangan kosong ini cukup potensial untuk difungsikan sebagai ruang kerja. Gunakanlah meja yang dipesan secara khusus untuk mengisi ruangan kosong ini sehingga ruangan kosong dapat dimanfaatkan secara maksimal.

5. Sulap ruangan kosong di lorong sempit jadi area kerja

Ruangan Kosong Pada Lorong Jadi Ruang Kerjahouzz.com

Area kerja juga bisa dihadirkan pada ruangan kosong yang terletak di ujung lorong. Sama halnya dengan ruangan kosong di bawah atap, penggunaan furnitur pesanan dapat menjadi solusi untuk menyiasati luas ruangan kosong yang terbatas.

Desain meja kerja bisa dibuat menyiku agar kamu lebih leluasa saat menggunakanya. Selain itu, dinding lorong juga dapat dimaksimalkan pemanfaatannya dengan membuat rak vertikal yang menyentuh plafon.

6. Memanfaatkan dinding kosong di dapur mungil

Memanfaatkan Ruangan Kosong di Dapurarchdaily.com

Saat mendesain dapur manfaatkanlah setiap sisi dindingnya. Jika terdapat ruangan kosong di salah satu dinding, namun akan terlihat penuh apabila ditempatkan kabinet tertutup, pasanglah ambalan untuk membuat sistem penyimpanan yang lebih terbuka.

Ruangan kosong di bawah ambalan pun masih dapat dimanfaatkan dengan memasang bak cuci piring yang menggantung ke dinding.

7. Area santai di sudut ruangan

Mengisi Ruangan Kosong di Pojok Ruanganwedelight,com

Ruangan kosong yang terdapat di dalam ruangan seringkali mengganggu tampilan interior. Ciptakan sudut santai di ruangan kosong ini dengan menempatkan armchair atau kursi malas, dan lampu lantai yang stylish di sana.

Nuansa vintage modern yang ditampilkan sudut santai ini dapat menjadi referensi menarik untukmu.  Alih-alih, sudut santai tersebut malah bisa menjadi focal point ruangan yang menarik perhatian.

Itulah tujuh cara yang bisa kamu tiru saat mengolah ruangan kosong yang ada di rumah. Terkadang memang diperlukan kejelian untuk menemukan ruangan kosong di sudut-sudut rumah. Keberadaan ruangan kosong kerapkali tersembunyi sehingga lebih sering tidak sengaja kita abaikan.

sumber  : https://www.dekoruma.com/