sedang memuat...

Menu

Pemasangan Batu Kali yang Baik

ArtikelMembangun & Bangunan › Pemasangan Batu Kali yang Baik

Pemasangan Batu Kali yang Baik

Apakah anda tahu bahwa pondasi merupakan struktur yang berfungsi sebagai landasan yang bisa menahan beban bangunan? Dari banyaknya jenis pondasi yang ada, pondasi batu kali sampai saat ini masih jadi primadona dalam menyangga bangunan berlantai satu. Bila anda ingin membuat pondasi seperti itu, maka anda bisa mengikuti panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali berikut ini.

 

Panduan Lengkap Pembuatan Pondasi Batu Kali

Bahan dasar yang digunakan dalam pondasi adalah batu kali dan ditanamkan di dalam tanah. Penampang pondasi seperti ini mempunyai bentuk trapesium. Dengan demikian, daya dukungnya lebih kuat. Ketika membuat pondasi batu kali tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab bisa mempengaruhi keamanan serta kenyamanan bangunan.

Berikut ini adalah panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali yang bisa anda ikuti agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Membuat Galian

Langkah pertama di dalam membuat pondasi batu kali adalah pembuatan galian. Anda gali tanah dengan ukuran yang sama seperti lebar pondasi di bagian bawah dengan kedalaman yang disyaratkan. Langkah berikutnya, gali sisi miringnya. Dengan begitu, akan didapatkan sudut kemiringan yang paling tepat. Cek lebar, kedalaman dan kerapian sesuai dengan rencana anda.

Urug dengan Pasir

Saat pembuatan galian sudah selesai, selanjutnya ratakan pasir urug di dasar galian. Kemudian siram dengan air untuk memperoleh kelembaban yang optimal. Dengan bantuan alat berupa stamper, anda bisa memadatkan pasir urug tersebut. Kemudian ulang kedua langkah tersebut bila diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh ketebalan pasir urug sesuai dengan yang direncanakan.

Memasang Pondasi

Dalam tahap pemasangan pondasi sesuai panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pemasangan patok bantu yang bertujuan untuk memasang profil. Dua patok digunakan untuk setiap profil. Sementara itu, profil dipasang di setiap ujung lajur pondasi.

Pasang bilah bantu datar di kedua patok dengan tinggi sama seperti profil. Pemasangan profil harus tegak lurus dan bidang atas profil datar. Usahakan supaya titik tengah profil tepat di tengah-tengah galian yang direncanakan serta bidang atasnya sesuai profil pondasi.

Ikat profil di bagian bilah datar yang dipasang diantara dua patok dan dipaku supaya lebih kuat. Pasang patok sokong miring di bagian tebing galian pondasi. Ikatkan pada profil agar semakin kokoh. Selanjutnya cek ketegakan profil dan ukurannya. Perbaiki bila ada yang tidak tepat.

Pasangan Pondasi Batu Kali

 

Untuk memasang pondasi batu kali, pasang benang di sisi luar profil setiap beda tinggi 25 cm dari permukaan urug pasir tadi. Kemudian siapkan adukan agar bisa meletakkan batu-batuan tersebut. Susun batu di atas lapisan pasir tanpa menggunakan adukan dengan tinggi 20 cm. Kemudian isikan pasir di dalam celah batu sehingga tidak ada rongga antar batu yang satu dengan yang lain. Lalu siram pasangan batu kosong dengan air.

Menaikkan benang 25 cm, kemudian pasang batu kali dengan adukan sesuai ketinggian dari benang. Sediakan tempat untuk lubang stek kolom dan kebutuhan lain. Cor stek kolom dan rapikan pondasinya. Jika pasangan mengeras, bagian sisi pondasi diurug kembali.

Saat anda mengikuti panduan lengkap pembuatan pondasi batu kali seperti yang sudah dijelaskan tadi, maka anda bisa membuat pondasi sesuai dengan yang diharapkan dengan kualitas yang bagus.

sumber : wiki